Pusat Pelayanan Akikah di Bandung

AkikahBandung.com
Solusi Pelayanan Syukuran Akikah Putra Putri Anda
Jasa Akikah di Bandung - AQIQAH -Jasa Aqiqah di Bandung

Jumat, 15 Oktober 2010

Sejarah Masjid DT

"Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk". (Qs.09.At Taubah : 18).

SEJARAH MASJID DAARUT TAUHIID
              Berawal pada tahun 1987, Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym ) merintis usaha wiraswasta dalam wadah KMIW (Kelompok Mahasiswa Islam Wiraswasta) yang berlokasi di KPAD Jl. Intendan dekat Masjid At Taqwa. sebagian hasil usahanya digunakan untuk menopang kegiatan pengajian rutin yang dipimpinnya.
Semangat yang kuat untuk memperbaiki diri dan Terus Menyempurnakan ikhtiar mendorongnya terus untuk belajar berwirausaha dan memperdalam agama Islam dengan menjadi santri di empat pesantren Jawa Barat, salah satunya yaitu Pesantren Manonjaya, Tasikmalaya di bawah pimpinan KH. Khair Affandy.
             Pada tahun 1988, Aa Gym pertama kali melaksanakan ‘ibadah haji. Setelah itu, hampir pada setiap tahun berikutnya Aa Gym pergi membawa jama’-ah untuk melaksanakan ‘ibadah haji.
          Pada tanggal 04 September 1990 berdirilah secara resmi Yayasan Daarut Tauhiid ( DT ) yang beralamat di Jalan Geger Kalong Girang No. 38. Bermula dari sebuah rumah kontrakan sederhana dengan 20 kamar yang sebelumnya dipakai sebagai tempat pondokan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di kota Bandung.
            Tahun 1993 DT ,pembebasan tanah dan bangunan yang diikuti dengan pembangunan sebuah Masjid permanen berlantai tiga. Masjid DT sering disebut masjid seribu tangan, sebab dibangun secara gotong royong oleh ribuan masyarakat sekitar dan jama’ah DT.
          Tahun 1994 untuk menopang laju dan gerak dakwah islamiyah di DT berdiri Koperasi Pondok Pesantren ( KOPONTREN-DT ).
            Tahun 1995 Aa Gym dapat membebaskan tanah gedung pesantren atas bantuan Bapak Pal Gunadi dari Astra Mitra Pantura.
           Menjelang akhir 1997, didirikannya gedung KOPONTREN-DT berlantai empat persis diseberang masjid. Gedung yang cukup representatif ini dipergunakan untuk kantor beberapa unit usaha seperti BMT (Baitul Mal Wat Tamwil), Super Mini Market, Warung Telekomunikasi, dan lain-lain.
             Tahun 1998 dibukanya lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan ( PUSDIKLAT ) DT sebagi lanjutan program Pendidikan Santri Beasiswa tahun 1995,
Diantara programnya adalah kerjasama pendidikan dan pelatihan Manajemen Qolbu (MQ) untuk para eksekutif, staff dan karyawan berbagai perusahaan swasta. Diantara perusahaan yang pernah mengikuti pelatihan MQ ini adalah Bank Muamalat Indonesia Cabang Bandung, PT Telkom Divre III Jabar, PT Telkom Corporate Office, PT Kereta Api Indonesia ( KAI ), Bank Indonesia, Bank Bukopin, PLN Persero dan perusahaan lainnya.
              Di tahun 1998 pula, seakan tak henti-hentinya karunia Allah yang harus disyukuri. Menjelang detik-detik akhir penghujung tahun diresmikanlah sebuah Pondokan atau Cottage nan asri, Daarul Jannah.
Sebuah sarana dakwah lain kembali hadir di Pesantren Daarut Tauhiid, ialah Stasiun Radio 1026 AM, Radio Ummat yang dibangun dari hasil Kencleng Ummat pendengar siaran MQ pagi yang disiarkan tahun 1999 atas kerja sama dengan Stasiun Radio Paramuda 93,9 FM. Radio Ummat pertama kali mengudara (On Air) pada bulan Ramadhan 1420 H, tepatnya tanggal 09 Desember 1999.
            Berdasarkan data sampai 21 Juli 2002, perkembangan DT Bandung dapat digambarkan sebagai berikut :
 luas tanah = 21.049,87 M2
 luas bangunan masjid = 587,50 M2

0 komentar:

Twitter

shared

Informasi

Kegiatan Santri

__________________________

DKM DT Telp. 022 70832901

Muslimah Center Telp. 022 2021902

Pusbang Wakaf Telp. 085860804372

 
Masjid Daarut Tauhiid Bandung 2013 Copyright © 2009 Masjidku-DT Designed by a_goesdt@yahoo.com